Header Ads

  • Breaking News

    DR Jerry Massie : Hukum Mati Koruptor!

    ManadOne.com - Guna tetap mengobarkan semangat perlawanan terhadap korupsi,  Gerakan Indonesia Anti Korupsi (GIAK) DPD Sulut menggelar diskusi publik yang bertema “Lawan Korupsi dan Berangus Koruptor”, akhir pekan lalu.

    Ketua DPD GIAK Sulut, DR Jerry Massie sebagai penggagas diskusi mengatakan, data dari Corruption Perception Indeks (CPI) pada tahun 2015 Indonesia menempati peringkat 88 dari 168 negara terkorup di dunia.

    Selama 15 tahun terakhir setidaknya Rp50,1 Triliun uang negara dicaplok para koruptor dan sebanyak 1115 ASN yang diketahui melakukan korupsi serta sekitar 1420 pejabat negara menjadi terpidana.

     “Hal ini menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat dan tentunya ini berdampak kepada seluruh pejabat di Indonesia tentang kapasitas dan profesionalisme mereka untuk membangun negara ini,” ungkap Massie.

    Lanjut Massie, rentang waktu dari tahun 2003 hingga 2012 KPK berhasil menyelamatkan uang negara sebanyak Rp159 Triliun.

    “Saya rasa, hukuman mati terhadap para koruptor harus diterapkan, tapi harus diatas 1 milliar. Untuk kasus korupsi diatas 500 juta sampai 1 milliar itu hukuman penjara seumur hidup,” tegasnya.
    DR. Jerry juga menuturkan bahwa solusi pencegahan terjadinya korupsi yakni pendekatan hukum yang lebih tegas kepada para pelaku korupsi, Sosio culture kepada masyarakat agar tidak mudah terpancing untuk melakukan korupsi, Pendekatan moralistik serta Edukasi sejak dini kepada generasi muda untuk bersikap anti korupsi.

    “Harus ada pembentukan karakter sejak dini, kalau perlu di tingkat Sekolah Dasar harus ada mata pelajaran tentang bahaya Korupsi,” tutup Massie.

    (FO)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad